Apakah Crepe Itu?

Crepe adalah semacam kue dadar tipis yang terbuat dari gandum dan merupakan makanan yang sangat digemari di seluruh Eropa dan tempat lainnya. Bahan utamanya adalah terigu, telur, susu, mentega, dan garam. Terdapat dua jenis crepe, yaitu crepe manis yang terbuat dari tepung gandum dan crepe asin yang terbuat dari tepung buckwheat.

Crêpe berasal dari Bretagne, sebuah wilayah di Perancis bagian barat, di mana crêpe disebut sebagai kramphouezh. Namun, konsumsi crêpe sekarang sudah meluas di seluruh Perancis. Buckwheat berasal dari Tiongkok, dan setelah menyebar ke Eropa Timur berkembang menjadi makanan sejenis yang disebut blintz. Di Bretagne, crêpes biasanya disajikan secara tradisional dengan saus apel. Di kawasan Eropa Tengah, makanan sejenis ini disebut palačinka (bahasa Ceko, Slowakia, Kroasia dan Slovenia), palatschinken (Austria), palacsinta (bahasa Hongaria). Semua julukan ini berasal dari kata Rumania plăcintă (bahasa Latin placenta yang berarti 'kue'). Di kebanyakan daerah Jerman, crêpe disebut sebagai Pfannkuchen, dan dalam bahasa Belanda pannenkoeken. Kedua kata ini, berasal dari kata 'pan' dan 'cake' yang masing-masing berarti 'pemanggangan' dan 'kue'.

Crepe dapat digulung atau dilipat, dan dapat juga diisi dengan berbagai macam isi. Crepes dapat dimakan dengan makanan apapun apabila ia diasinkan, dan diisi dengan keju, asparagus, ham, telur, ratatouille, jamur, atau produk daging lainnya.

Crepe yang manis dapat dijadikan sebagai hidangan penutup. Crepe dapat diisi dengan berbagai jenis makanan manis: selai, cokelat lelehan, susu, es krim, buah berry, kacang, cinnamon, dan sebagainya. Sebagai topping atau atasnya dapat digunakan gula (bubuk), jus lemon, whipped cream, buah-buahan yang dipotong, dsb.

Sebuah crepe tipikal yang berasal dari Perancis dan Belgia adalah Crepe Suzette, sebuah crepe dengan sedikit kulit jeruk yang diparut dan minuman keras liqueur (biasanya Grand Marnier) yang kemudian dipanaskan.

Merupakan hal yang cukup umum juga untuk menggulung atau melipat crepe, lalu digoreng, dipanggang atau disaute, tidak seperti blintz, meskipun persiappannya mirip.

Di Perancis, crepe biasanya disajikan secara tradisional pada Candlemas (La Chandeleur), pada tanggal 2 Februari.